Profil Program Studi
Status Prodi | : | Aktif |
Perguruan Tinggi | : | Universitas Hamzanwadi |
Kode Program Studi | : | 87202 |
Nama Program Studi | : | Pendidikan Geografi |
Jenjang | : | S1 |
Akreditasi | : | B |
Tanggal Berdiri | : | 30 Desember 2002 |
SK Penyelenggaraan | : | 428/KPT/I/2016 |
Tanggal SK | : | 2016-09-23 |
Rasio Dosen : Mahasiswa 2021/2022 |
: | 1 : 11,57 |
Rasio Dosen : Mahasiswa 2022/2023 |
: | - |
Alamat | : | Jln. TGKH.M.Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor, Selong, Lotim, NTB |
Kode Pos | : | 83611 |
Telepon | : | (0376)22954 |
Faximile | : | (0376)22954 |
: | geografi@hamzanwadi.ac.id | |
Website | : | https://geografi.fise.hamzanwadi.ac.id/ |
Gelar Lulusan | : | Sarjana Pendidikan (S. Pd.) |
Deskripsi | : | Program Studi Pendidikan Geografi merupakan salah satu dari 4 Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Universitas Hamzanwadi yang dulunya bernama STKIP Hamzanwadi Selong. Program Studi Pendidikan Geografi memperoleh status akreditasi ”B” berdasarkan Surat Keputusan nomor 242/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/XII/2013. Akreditasi terakhir pada tahun 2018 dengan Surat Keputusan Nomor 2831/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018 memperoleh status “B” berlaku sampai tanggal 15 Oktober tahun 2023. |
Visi | : |
Pada tahun 2041 Program Studi Pendidikan Geografi mampu menghasilkan Sarjana Pendidikan Geografi yang menguasai ilmu pengetahuan geografi dan pendidikan, memiliki kepekaan terhadap lingkungan dan kebencanaan, serta berdaya saing dan berbudaya santri. |
Misi | : |
|
Kompetensi | : |
1. Kompetensi Utama Berdasrkan pada penetapan profil lulusan pada bagian a di atas maka profil lulusan yang utama adalah Tenaga Pendidik bidang geografi. Dengan demikian, terdapat 7 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh lulusan program studi Pendidikan Geografi yaitu: a. mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang mencerminkan moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas, peka dan peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya serta sehat jasmani dan rohani/jiwa; b. mampu memanfaatkan IPTEKS untuk memecahkan berbagai masalah dalam mengimplementasikan konsep dan teori geografi terkini; c. mampu mengimplementasikan teori pendidikan untuk menghasilkan solusi yang tepat dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dengan pendekatan monodisiplin dan interdisiplin; d. mampu memformulasikan perencanaan kebutuhan pengajaran pendidikan Geografi yang berkualitas melalui berbagai metode dan pendekatan ilmiah; e. mampu menganalisis dan mengimplementasikan model-model pembelajaran terbaru untuk pengajaran pendidikan Geografi dengan mengintegrasikan aspek psikologis sesuai dengan karakter peserta didik dan lingkungannya secara fleksibel dan akurat; f. mampu mengimplementasikan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam pembelajaran geografi sesuai kebutuhan era globalisasi; dan g. mampu mengimplementasikan berbagai metode dalam mengevaluasi pembelajaran Geografi. 2. Kompetensi Pendukung Berdasarkan pada penetapan profil lulusan pada bagian di atas maka profil lulusan yang dapat mendukung profil utama adalah:tenaga pemetaan, tenaga kependudukan dan surveyor lingkungan. 3. Kompetensi Lainnya Selain rumusan kompetensi di atas, program studi telah merumuskan kompetensi lainnya yang dapat dimiliki oleh lulusan program studi Pendidikan Geografi yakni kompetensi budaya santri. |